Friday, May 11, 2018

ARTIKEL SUMBER DAYA MINERAL SUMATERA UTARA

My title page contents






TUGAS
TAMBANG MINERAL DAN BATU BARA  DI SUMATERA UTARA



Disusun Oleh :

NAMA           : I WAYAN SUDARMAJA
NIM                : 112.160.012
PLUG             : 7



LABORATORIUM PETROLOGI
SIE MINERALOGI
PROGRAM STUDI TEKNIK PERTAMBANGAN
FAKULTAS TEKNOLOGI MINERAL
UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN”
 YOGYAKARTA
2017




Potensi tambang mineral dan batubara di Sumatera Utara sangat luarbiasa. Namun hingga saat ini masih banyak lahan pertambangan yang belum dikelola.
Misalnya untuk tambang timah hitam. Saat ini setidaknya di Sumut memiliki ladang timah hitam dan mineral pengikut (dmp) seluas kurang lebih 7.800 Ha. 3.500 Ha berada di Desa Vinarik, Kecamatan Dolok Sigompulon, Kabupaten Padanglawas Utara. Sedangkan sisanya, sekitar 4.300 Ha ada di wilayah Kotanopan, Kabupaten Mandailing Natal. Itu hanya untuk timah hitam saja. Belum termasuk pertambangan emas DMP yang luasnya lebih dari 78 ribu hektare dan belum dikelola.
Desa Sinunukan, Kecamatan Natal, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) termasuk daerah yang memiliki 'ladang' emas yang belum dikelola. Yakni sekitar 35.200 hektare. Kecamatan Bantahan, Madina juga memiliki lahan tambang emas seluas 13.400 Ha. Tak hanya di Madina. Padanglawas Utara juga memiliki lahan untuk tambang emas sekitar 23 ribu Ha. Yakni di Desa Rokare Simaninggir, Kecamatan Padang Bolak seluas 9 ribu Ha. Desa Slombom Kecamatanan Padang Bolak Julu seluas 8.200 Ha dan Desa Garugur, Kecamatan Padang Bolah seluas sekitar 6.400 Ha.
Sumber Daya Mineral menyebar mulai dari Kabupaten Mandailing Natal di sebelah selatan, terus di Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Kabupaten Humbang, Kabupaten Dairi di sebelah utara. Jenis mineral dan sumber daya alam yang potensial secara ekonomi bisa ditemukan di sepanjang wilayah Pantai Barat ini antara lain adalah Emas, Perak, Timah Hitam, Tembaga dan Panas Bumi untuk Pembangkit Listrik. Namun wilayah ini sangat minim dilaksanakan kegiatan eksplorasi, untuk dapat menentukan lokasi dan potensi mineral-mineral tersebut.

              Minimnya kegiatan eksplorasi tersebut disebabkan 2 faktor utama yaitu Eksplorasi membutuhkan biaya yang besar dan waktu yang cukup lama. Kemudian sulitnya mendapatkan izin masuk hutan dari Departemen Kehutanan (IPPKH) untuk melakukan kegiatan eksplorasi. Provinsi Sumut bersama kabupaten yang kaya potensi mineral, harus memperbanyak lagi industri sektor pertambangannya ke depan jika ingin berkembang lebih baik dari kondisi saat ini, dengan membuka pintu lebar-lebar bagi investor, baik investor dalam negeri maupun asing.

             hingga saat ini masih sangat minim dilakukan eksplorasi di wilayah-wilayah yang kaya akan mineral ini. Saat ini, masih Tambang Emas Martabe di Tapsel yang eksisting melakukan eksploitasi (penambangan).
                                                                                                                 
              Sedangkan Sorik Mas Mining (SMM) di Madina, Dairi Prima Mineral (DPM) untuk timah hitam di Dairi dan Panas Bumi di Sarulla Taput, secara umum masih dalam tahap eksploitasi.

Tidak hanya itu Sumut juga masih  memiliki beberapa bahan tambang, seperti minyak dan gas bumi di daerah lepas pantai Selat Malaka, Pulau Nias, dan daerah perbatasan Sumatra Utara dengan Riau. Hasil tambang batu bara banyak terdapat di Kabupaten Langkat, Tapanuli Tengah, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Labuhan Batu, Nias, dan dataran tinggi Karo. Sementara emas, perak, tembaga, dan seng banyak terdapat di Kabupaten Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Asahan, Langkat, dan tanah Karo. Selain itu, Sumut memiliki bahan galian seperti andesit, pasir kuarsa, batu kali/koral, batu apung, pasir bangunan, granit, obsidin, koalin, marmer, dan batu kapur yang juga cukup potensial untuk dikembangkan.





DAFTAR PUSTAKA

Alamudi,Arifin Al. 2012. Potensi tambang sumut luar biasa. Available at     http://medan.tribunnews.com/2012/01/13/potensi-tambang-sumut-luar-biasa
 Anonim.2014. mimbar birokrasi. Available at  http://mimbarbirokrasi.blogspot.co.id/2014/06/pantai-barat-sumut-potensial.html

1 comment:

  1. ♥♦♣♠ PELANGI QQ ♠♣♦♥
    Mari Bergabung bersama kami di Pelangi Q Q (,) me
    Situs Impian Para pecinta dan peminat Taruhan Online!!
    Segera Daftarkan diri Anda di PelangiQQ dan dapatkan Bonus yang sudah tersedia. Agen Poker Online Terpercaya dan Terbesar di Indonesia yang menggunakan Uang Asli.
    MINIMAL DEPOSIT & WITHDRAW Rp 25.000
    PelangiQQ Menyediakan 8 Permainan yang bisa di mainkan hanya dengan 1 User ID,yaitu:
    * Bandar66 (NEW GAME)
    * SAKONG
    * Poker
    * Domino99
    * Capsa susun
    * AduQ
    * BandarQ
    * Bandar Poker
    Keunggulan PELANGI Q Q :
    - PROSES DEPO & WD MUDAH TANPA RIBET
    - PROSES DEPO & WD TERCEPAT
    - KARTU-KARTU BERKUALITAS DISAJIKAN
    - CS RAMAH & INSPIRATIF SIAP MEMBANTU 24JAM
    - TIPS & TRIK MENJADI KEUNGGULAN SITUS INI
    - DAN TENTUNYA DEPOSIT YG TERJANGKAU BOS!!(MINIMAL DEPO & WD 25RB)
    Nikmati juga HOT PROMO bersama kami:
    * BONUS TURNOVER 0.3% (DIBAGIKAN SETIAP 5 Hari 1x)
    * BONUS REFERRAL 15% (SEUMUR HIDUP)
    Tunggu apalagi bos!! langsung daftarkan diri anda di PELANGI Q Q
    Bagaimana cara mendaftar? SIMPEL bos!!
    cukup kunjungi kami PELANGI Q Q
    klik daftar dan daftarkan diri anda
    atau bisa juga hubungi kami melalui LiveChat dan BBM yang akan melayani Anda 24 jam nonstop.
    - SKYPE : PELANGIQQ
    - LINE : PELANGIQQ
    - FACEBOOK : PokerPelangiReborn
    - PIN BB : E37271BF
    - WhatssApp : 6281231804952
    Salam Sukses & Hoki
    PELANGIQQ

    ReplyDelete